PJS Bupati Dompu Baiq Nelly Yuniarti AP. M.SI Hadiri Deklarasi Damai Yang Digelar Bawaslu Kabupaten Dompu

Admin
By -
0
PJS Bupati Dompu Baiq Nelly Yuniarti, AP. M.SI Saat Menghadiri Kegiatan Deklarasi Damai Yang Digelar Oleh Bawaslu Kabupaten Dompu. 
[Gd*/Ist].


Koran-Prioritas.com,- PJS. Bupati Dompu Baiq Nelly Yuniarti, AP. M.SI Hadiri Kegiatan Deklarasi Damai Yang Digelar oleh Bawaslu Kabupaten Dompu.


Kegiatan yang bertajuk "Deklarasi Pilkada Damai untuk Dompu Tercinta." yang Berlangsung di gedung Paruga Samakai Dompu Selasa (1/10/2024) malam.


Hadir pada kesempatan tersebut, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor urut 1 Bambang Firdaus dan Syirajuddin, SH., Sedangkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Nomor Urut 2 (AKJ-SYAH) hanya dihadiri oleh Calon Wakil Bupati H. Syahrul Parsan. ST. MT.,


Pada sesi Deklarasi Pilkada Damai, para calon membacakan secara bersama-sama. Selanjutnya melakukan penandatanganan Prasasti Pilkada Damai untuk Dompu Tercinta.


Kegiatan tersebut cukup menarik dengan menampilkan sejumlah lagu-lagu khas daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu. Sedangkan pada sesi acara Bawaslu Menebar Cinta. Bahkan Paslon BBF-DJ dan juga Cawabup AKJ-SYAH H. Syahrul Parsan turut serta menyanyi bersama dengan penuh sukacita.


Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ, SH.,  dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilakukan menyikapi dinamika yang terjadi saat ini. Saling menghujat dan melontarkan ujaran kebencian baik di media sosial maupun secara langsung.


"Sebenarnya bukan dilakukan oleh calon Bupati itu sendiri namun dilakukan oleh relawan-relawan serta masa pendukung serta simpatisan yang terkadang dapat memicu konflik serta perselisihan, maupun perbedaan yang dapat mengganggu stabilitas politik kita saat ini yang seyogyanya hal-hal semacam itu sebenarnya tidak perlu terjadi," Ujar Swastari HAZ, SH., Ketua Bawaslu Dompu dalam sambutannya malam tadi.


Lanjutnya, jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, Kalau tanpa ada upaya pencegahan maka dikhawatirkan akan berdampak tidak baik. Akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi stabilitas kamtibmas yang tidak kondusif di daerah kita ini. 


"Hal inilah yang membuat kami mengemas kegiatan deklarasi ini, dengan harapan akan menghilangkan stigma negatif semacam ini," Tandasnya. 


Sementara, Pjs. Bupati Dompu, Baiq Nelly Yuniarti menyampaikan Pemilu kada damai merupakan kerja besar yang membutuhkan partisipasi semua pihak, mulai dari tataran individu, pemerintah, dan masyarakat. 


Pelaksanaan pemilu yang aman dan damai menjadi harapan besar kita bersama dan untuk mencapai harapan tersebut tentunya kerjasama kekompakan, dan kebersamaan seluruh elemen masyarakat," Ungkap Baiq Nelly Yuniarti pada kesempatan tersebut.


Lebih jauh Baiq Nelly menyebut tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pemilu, tentunya telah dilaksanakan dengan baik oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu. Sejauh ini semua tahapan dilaksanakan secara tertib. 


"Untuk itu, saya mengajak kita semua seluruh masyarakat Dompu serta seluruh komponen bangsa  untuk turut memastikan bahwa pemilu damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama rangkaian tahapan pemilu tersebut. Sepakat, untuk menciptakan kedamaian selama pemilu adalah tanggung jawab kita  bersama tanpa terkecuali," Harapnya.


Lebih jauh dijelaskannya, pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa indonesia. 


Kita semua berharap kepada para kontestan dan peserta pemilu agar bisa menunjukan sportivitas, arif dan bijaksana. Dan yang paling utama adalah santun dalam kampanye sehingga mudah dalam meraih simpati rakyat.


"Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa berpartisipasi untuk mengikuti pemilihan dengan riang gembira dan besar harapan, persentase untuk yang golput pun berkurang," Terang Kadis Perdagangan Provinsi NTB ini.


Pantauan langsung awak media koran ini, Melalui momen tersebut, Baiq Nelly Yuniarti juga mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dompu untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 


"Saya imbau agar ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu dapat menjaga semangat persaudaraan, menjalankan amanat netralitas. ini penting untuk menjaga citra terbaik pemerintah daerah selama pilkada serentak 2024," Tandasnya.


Kegiatan deklarasi Pilkada Damai ini juga dihadiri Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.T, Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsurizal, Ketua DPRD Dompu H. Andi Bachtiar, Kasi Pidum Kejari Dompu, Pimpinan Parpol,  Komisioner KPU Dompu dan Jajarannya, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Camat Sekabupaten Dompu, Panwascam, serta tamu undangan lainnya. [Gd*].

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)