Pemda Dompu Gelar Sholat Idul Adha, Bupati Dompu : Momentum Tauladani Cara Hidup Nabi Ibrahim

Admin
By -
0
Suasana Kegiatan Sholat Idul Adha 1 Syawal 1445 H / 2024 M Yang Berlangsung Di Lapangan Beringin Kompleks Kantor Bupati Dompu Pagi Tadi-Selesai.
[Gd*/Ist].

DOMPU,- Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar sholat Idhul Adha 1Syawal 1445 H / 2024 M. Perayaan hari besar Islam ini momentum umat untuk meneladani kisah hidup dari Nabi Ibrahim Alaihissalam. 


Idhul Adha menjadi pesan simbolik yang menunjukan ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang hamba kepada sang khalik. 


Hal tersebut disampaikan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani saat memberikan sambutan sebelum ritual Sholat Idhul Adha 1445 H /2024 M dilaksanakan, Senin (17/06/24) sekira pukul 07.00 Wita - Selesai di Lapangan Beringin Dompu.


"Esensi dari perayaan Idhul Adha yang dilakukan menjadi momentum memperbaiki diri terutama hubungan antar sesama maupun hubungan antara manusia dengan penciptanya (Allah SWT Red,-). Inilah Hari Besar dalam membina keimanan dan Ketaqwaan yang ditandai 

dengan syiar penyembelihan hewan kurban seperti yang kita rayakan saat ini," Ujar Bupati Dompu H Kader Jaelani dalam sambutannya. 


Lanjutnya, Mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam itulah Idhul Adha dirayakan Umat Islam diseluruh dunia setiap tahunnya.


Tema yang diusung dalam Perayaan Idhul Adha kali ini adalah "Dengan Idhul Adha 1445 H / 2024 M kita tingkatkan ketaqwaan dan kepedulian pada sesama. 


"Dari tema yang diusung tersebut memiliki dua makna penting yaitu ketaqwaan dan nilai sosial. Sebagai bentuk ketakwaan bagi yang berkelebihan rezeki diwajibkan berkurban dengan menyembelih hewan seperti kambing, domba dan sapi tentunya dilakukan sesuai kemampuan, dan kurban tersebut disalurkan kepada yang berhak untuk merekatkan hubungan sosial diantara sesama," Ungkapnya jelas dalam sambutannya tersebut. 


Hadir dalam pelaksanaan Sholat Ied Idul Adha tersebut diantaranya, Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan ST. MT., Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Forkompimda Kabupaten Dompu, Sekda Dompu, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat Struktural dan Fungsional. 


Nampak hadir juga Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, masyarakat umum, Insan Pers serta elemen penting lainnya. 


Pantauan langsung awak media koran ini, Sholat Idhul Adha 1445 H dipadati ribuan masyarakat tersebut berlangsung tertib. Masyarakat mengikuti panduan panitia pelaksana. Usai sholat Idhul Adha Bupati Dompu H. Kader Jaelani juga menggelar Open House untuk masyarakat. Kegiatan Open House tersebut juga berlangsung lancar, aman, dan kondusif. [Gd*].

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)