Bupati Dompu Buka Resmi Pagelaran Dompu Expo 2024

Admin
By -
0
Pemukulan Gong Oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani Menandai Dimulainya Pagelaran Dompu Expo Tahun 2024.
[Gd*/Ist*].

DOMPU, KORAN-PRIORITAS.COM,- Pagelaran "Dompu Expo 2024" resmi dilaksanakan. Pagelaran Dompu Expo tersebut diawali dengan Karnaval Muna Pa'a serentak.


Pagelaran Dompu Expo ditandai dengan Karnaval budaya serentak memakai tenunan khas asli dompu Muna Pa'a.


Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, S.KM. M.M.Kes., Ketua DPRD Kabupaten Dompu H. Andi Bachtiar Jufri, A.Md Par., Forkompinda Kabupaten Dompu., Perwakilan dari Pemda Sumbawa., Para Staf Ahli Bupati Dompu., Para Kabag Lingkup Pemda Dompu., Pimpinan OPD Lingkup Pemda Dompu., Para Camat Se-Kabupaten Dompu., Para Kepala Desa Se-Kabupaten Dompu., Tokoh Agama., Tokoh Masyarakat., Tokoh Pemuda., Serta Tokoh Budaya Se-Kabupaten Dompu., Dan Ribuan masyarakat Kabupaten Dompu yang merupakan peserta karnaval budaya melalui balutan tenunan adat muna Pa'a.

Bupati Dompu Bersama Rombongan Forkompinda Kabupaten Dompu Berjalan Kaki Dari Lapangan Beringin Menuju Lapangan Karijawa Tempat Diselenggarakannya
Pagelaran Dompu Expo Tahun 2024.
[Gd*/Ist].

Bupati Dompu H. Kader Jaelani dalam sambutannya mengatakan, saat ini potensi wisata di Kabupaten Dompu tidak perlu diragukan. Di selatan Dompu kita mempunyai pantai Lakey dengan ombaknya yang tentunya merupakan surganya bagi para peselancar dan bagi penggemar olahraga air tersebut. Kemudian di utara kita memiliki Pulau Satonda dengan segala keunikannya serta Taman Nasional Gunung Tambora dengan semua keindahannya yang sangat mengagumkan. Ini merupakan anugerah dari Allah subhanahu wa ta'ala yang tiada terhingga.


"Potensi wisata Kabupaten Dompu tidak bisa di ragukan lagi," Ungkap Bupati Dompu dalam sambutannya saat membuka pagelaran Dompu Expo 2024 Senin, 24/6/2024 sore tadi.


Lanjutnya, Kabupaten Dompu juga dikelilingi oleh 3 Teluk besar sehingga hasil laut melalui sektor perikanan juga cukup melimpah, sehingga mampu menembus pasar nasional. Demikian juga dengan potensi sapi di padang savana wilayah Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu memiliki penggembalaan ternak sapi yang cukup luas yaitu di Padang Savana Doroncanga.    

Bupati Dompu Bersama Rombongan Forkompinda Tiba Di Lapangan Karijawa, Kemudian Bersama Ribuan Peserta Karnaval Budaya, Melakukan Tarian Khas Muna Pa'a.
[Gd*/Ist].


"Potensi lain di sekitar Gunung Tambora adalah kopi. Kopi Tambora yang sudah dikenal hingga ke luar negeri dengan cita rasanya yang sangat khas," Ungkapnya.


Bupati Dompu melalui kesempatan tersebut menjelaskan, sebagai daerah dengan sektor pertanian yang berkontribusi paling besar terhadap PDRB, angka produktivitas pertanian Kabupaten Dompu khususnya jagung merupakan yang tertinggi. 


Di sisi lain kita memiliki tenunan Muna Pa'a yang merupakan tenunan aslinya Dompu dan makanan timbu yang merupakan makanan khas Daerah Kabupaten Dompu. Keduanya telah terdaftar dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Asal Dompu.

Rombongan Karnaval Budaya Muna Pa'a Dari Dinas Perikan Kabupaten Dompu
Yang Di Lepas Bupati Dompu.
[Gd*/Ist].

"Ini merupakan potensi yang harus dimanfaatkan untuk menjadi peluang bisnis serta dapat menarik minat investor untuk masuk dan berinvestasi di daerah kita Kabupaten Dompu," Tandasnya. 


Ditambahkannya, Sebab itu melalui pagelaran "Dompu Expo" kali ini akan disediakan kuliner ikan, steak sapi lamtoro, dan kopi tambora yang seluruhnya gratis bagi para pengunjung Dompu Expo 2024. 


Pagelaran Dompu Expo selain ajang promosi bagi produk dan potensi lokal, kegiatan ini juga untuk menginformasikan semua pencapaian kinerja selama 3 tahun kepemimpinan AKJ-SYAH. 

Gendang Beleq Rombongan Karnaval Budaya Dari Ikatan Keluarga Lombok 
(IKL Red,-). Kabupaten Dompu.
[Gd*/Ist].


"Dalam kurun waktu tersebut aktivitas ekonomi masyarakat selalu tumbuh secara positif dan meningkat di mana pada awal kepemimpinan kami tercatat ekonomi dalam kondisi minus 3,21% dan pada saat ini ekonomi tumbuh menjadi 3,17%," Tegasnya. 


Lebih jauh Bupati Dompu menjelaskan, Tumbuhnya perekonomian daerah ikut mendongkrak tingkat pendapatan perkapita masyarakat Kabupaten Dompu. Melihat wirausaha baru yang menjamur di setiap wilayah Se-Kabupaten Dompu ini menunjukkan aktivitas ekonomi masyarakat kita semakin membaik. 


"Selama kepemimpinan kami (AKJ-SYAH Red,-) sedikitnya 1300 wirausaha baru telah terbentuk di Kabupaten Dompu," Bebernya.

Bupati Dompu H. Kader Jaelani Saat Meninjau Langsung Stand Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu. Nampak Om Grees Sapaan Akrab H. Gaziamansyuri Kadis Bappeda Saat Menjelaskan Prospek Pencapaian Kinerja Dinas Yang Dipimpinnya Tersebut Kepada Bapak Bupati Dompu.
[Gd*/Ist*].

Dijelaskannya, Berdasarkan data BPS, pendapatan per kapita masyarakat Dompu saat ini 34,4 juta rupiah yang nerupakan terbaik ketiga setelah KSB dan Kota Mataram. 


"Saya mengapresiasi dukungan serta semangat seluruh elemen masyarakat Dompu yang hadir serta mengikuti Karnaval Muna Pa'a. Dan semoga agenda Dompu Expo ini akan terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan setiap tahunnya," Harapnya.


Pantauan langsung awak media koran ini, Ribuan Peserta Pagelaran Karnaval Muna Pa'a tersebut dilepas Bupati Dompu, H. Kader Jaelani di Lapangan Beringin Pemda Dompu. Selanjutnya seluruh peserta karnaval  berjalan kaki menuju arah jalan Soekarno Hatta. Dari depan kantor DPRD Dompu belok kanan menuju pasar atas dompu dan melanjutkan perjalanan hingga finish di Lapangan Karijawa Dompu.  

Bupati Dompu H. Kader Jaelani Saat Menyerahkan Dipa Kerja Sama Kepada Petani Di Stand Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu.
[Gd*/Ist*].


Tiba di Lapangan Karijawa, Bupati Dompu bersama Rombongan Forkopimda melakukan tarian Muna Pa'a dengan iringan lagu Nggahi Rawi Pahu ciptaan Almarhum Israel M. Saleh. 


Usai melakukan tarian Muna Pa'a Bupati Dompu bersama Rombongan menyaksikan pertunjukan musik dan tarian Gendang Beleq yang ditampilkan oleh Ikatan Keluarga Lombok Kabupaten Dompu (Sasak Red,-) dan Tarian Mama Ra Horma yang ditampilkan oleh anak-anak asuhan Sanggar Mada Ntana Desa Ranggo Kecamatan Pajo. 


Pemukulan gong oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani yang menandai pembukaan Pagelaran "Dompu Expo 2024" [Gd*]

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)